berbagi informasi untuk anda

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Terbaru

Contoh surat lamaran kerja ~ Saat mencari pekerjaan di suatu perusahaan biasanya diawali dengan membuat sebuah surat lamaran kerja yang disandingkan dengan cv lamaran kerja. Baik itu perusahaan swasta umum, Bank, CPNS, maupun buruh pabrik.

Sebenarnya tidaklah sulit untuk membuatnya, hanya saja diperlukan waktu dan ketelitian yang lebih dalam menyusun rangkain kata-kata agar menjadi sebuah surat lamaran kerja yang benar. Susunan kalimat dan format penyusunannya harus sedemikian rapi sehingga diharapkan akan memberikan kesan pertama yang baik.

Sebuah surat lamaran kerja yang memberikan kesan baik diawal akan lebih berpeluang untuk berangkat ke langkah selanjutnya. Sebaliknya bila surat lamaran yang tidak baik, kalimat yang digunakan tidak rapi bahkan kurang menarik besar kemungkinan akan berakhir di tong sampah.

mendapatkan panggilan wawancara kerja. dengan rangkaian kalimat yang baik pula, bisa dibayangkan jika surat lamaran kerja yang telah dibuat tetapi memiliki kalimat yang kurang rapi, kurang menarik, tidak jelas, bahkan kotor yang tentunya akan berpengaruh buruk terhadap penilaian dari seorang HRD perusahaan dan akhirnya tentu akan dikesampingkan bentuk lamaran kerja seperti itu.

Oleh karena itu saya akan memberikan tips membuat surat lamaran kerja disertai contoh - contoh sehingga dapat membantu Anda membuatnya dengan mudah.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja


Sebuah surat lamaran tidak asal membuatnya saja, Namun harus memperhatikan format hingga tata bahasa. Karena itu Anda perlu memperhatikan tips berikut :

  • Gunakan Bahasa yang Benar
Siapkan editor pengetikan, Anda bisa menggunakan MS. Word di komputer Anda. Susunlah kalimat-kalimat dengan baik dan benar, Jangan sampai ada satu katapun yang menggunakan bahasa gaul. Bila terjadi demikian maka kemungkinan besar tidak akan lolos ke langkah selanjutnya.

  • Buat dengan Kalimat yang Sopan
Langkah selanjutnya yang menjadi keharusan adalah menggunakan kalimat yang sopan, Jangan memberikan kesan menyombongkan diri dan tidak harus merendakan diri pula.

  • Menulislah Dengan Rapi
Meski saat ini banyak perusahaan yang mengharuskan pengetikan lewat komputer, Namun tidak sedikit pula yang masih mengadopsi cara lama yaitu menulis tangan. Baik lewat komputer ataupun tulis manual kerapian haruslah menjadi yang nomor satu.

Catatan : Perhatikan persyaratan dari pihak perusahaan apakah mengharuskan pembuatan lamaran kerja secara ketik atau manual. Jangan sampai Anda capek-capek membuatnya namun hasilnya malah tidak sesuai dengan persyaratan perusahaan.

  • Pastikan Sudah Menyiapkan Seluruh Syarat Kelengkapan dari Perusahaan
Copy seluruh persyaratan kelengkapan lamaran kerja yang diminta perusahaan, Sortir dan pastikan tidak ada yang keliru. Masukan ke dalam map agar tidak tercecer. Jangan melampirkan sertifikat atau surat lain yang tidak ada hubungannya dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar.

artikel lainnya : Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum I


hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,

Bpk / Ibu Personalia
PT. Samudera Pasifik
Jl. Merdeka Selatan No. 99
Jakarta Barat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari perusahaan PT. Samudera Pasifik yang saya dapatkan dari harian Sinar Mutiara pada tanggal 19 Agustus 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaa yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode MK di perusahaan PT. Samudera Pasifik.

Berikut ini adalah data singkat saya


Nama                                     : Sanjaya Putra
Tempat / Tgl. Lahir               : Surabaya, 5 Agustus 1986
Pendidikan Terakhir              : S1 Manajemen
Alamat                                    : Jl. Merdeka dalam no 77
Status                                      : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan lancar. Kejujuran selalu saya utamakan dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa aplikasi komputer misalnya MS. Office Word, Excell, Acces.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijasah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus
5. Pas photo terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk mengabdi di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, saya ucapkan terimakasih atas perhatian dari Bapak / Ibu Personalia.


Jakarta, 20 Agustus 2014


Hormat Saya,

Sanjaya Putra

baca juga : contoh surat keterangan kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum II


Jakarta, 20 Agustus 2014
Kepada Yth. HRD
Pt. Samudera Pasifik,
Jl. Merdeka Selatan no. 99
Jakarta


Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                    : Sanjaya Putra
Temp./Tgl. Lahir                  : Surabaya,  5 Agustus 1986
Alamat                                   : Jl. Merdeka Dalam, no 77
No. Telp / HP                        : 081133556788
Pendidikan                             : S1 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan sumbangsih waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru.

Demikian surat lamaran kerja ini, saya mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian dari Bapak / Ibu.

Hormat Saya,

Sanjaya Putra


Nah, itulah contoh surat lamaran kerja, harapan saya artikel ini dapat memberikan manfaat terutama bagi Anda yang berupaya mencari pekerjaan, Semoga saja apa yang menjadi tujuan Anda dapat terkabulkan. Salam sukses.

Back To Top